KLIK DISINI

Rabu, 16 Februari 2011

Manfaat kulit jeruk

sudah pasti kalian tahu kan yang namanya buah jeruk? selain rasanya manis-asam, dan mengandung vitamin C alami yang baik buat kesehatan, kebanyakan dari kita hanya memanfaatkan buahnya saja, ya kan ? kulitnya di buang begitu saja, apalagi kalau ga ada tempat sampah, pasti swiiing betebaran dimana mana... hahaha


tapi apakah kalian tahu kandungan yang ada dalam kulit buah jeruk ? okelah saya kasih tau informasi nya.

kulit jeruk mengandung suatu senyawa atsiri yang berupa minyak atsiri, yaitu minyak nabati yang mempunyai harum yang khas, dan biasanya di gunakan dalam industri parfum ataupun industri essence, yaitu sebuah industri yang memproduksi zat aromatik dan biasanya banyak di gunakan untuk bahan makanan dan minuman, khususnya pecinta kue. dalam minyak atsiri mengandung suatu senyawa limonen yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meringankan radang tenggorokan, dan menghambat pertumbuhan sel KANKER dalam tubuh, selain senyawa limonen, kulit jeruk juga mengandung senyawa lonalol, linalil, dan terpinol yang berguna sebagai aromaterapi saat stress datang juga sebagai penambah nafsu makan. sekarang bisa tahu kan kenapa industri banyak memproduksi essence dari kulit jeruk?

senyawa lainnya adalah sitronelal yaitu senyawa monoterpena dengan gugus molekul aldehid yang berguna untuk mengusir nyamuk, jadi kalian tidak perlu membeli obat pengusir nyamuk yang hanya akan menambah resiko KANKER kulit karena adanya penambahan zat kimiawi, kalian cukup menggosok gosokan kulit jeruk saja sebelum tidur.

manfaat lainnya dari kulit jeruk adalah menyerap minyak berlebih pada wajah yaitu dengan membuat masker kulit jeruk sendiri di rumah, caranya
  1. kupas kulit jeruk dan biarkan hingga mengering dan mengeras.
  2. blender kulit jeruk hingga halus, kemudian
  3. campurkan dengan susu murni (1:1)
  4. bersihkan wajah dengan air, keringkan lalu gunakanlah masker  kulit jeruk yang tadi kalian buat.
  5. diamkan selama 30 menit hingga mengering.
  6. bilas kembali dengan air, keringkan dengan handuk lembut, namun jangan gosok terlalu keras yang malah akan membuat kulit menjadi iritasi.

selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget